Finasel – Ya, menjadi pengusaha muda di zaman modern seperti sekarang ini  bisa dibilang merupakan sebuah hal yang tak asing lagi didengar. Sudah ada banyak sekali pengusaha – pengusaha yang pada akhirnya menjadikan usaha atau bisnisnya tersebut sebagai lahan untuk mereka mendapatkan uang jajan, maupun kebutuhan hidup tiap harinya. Contohnya yang saat ini lagi trend adalah penjual pakaian online, catering, usha tempat nongkrong dan masih ada banyak lagi lainnya.

Selain hal tersebut, sudah sering pula terbukti ada banyak sekali pemilik kafe yang sering kita datangi. Jadi, bisa disimpulkan bahwasannya pengusaha merupakan sebuah profesi untuk individu atau pun berkelompok yang sedang jalankan sebuah perusahaan, baik itu perusahaan berskala kecil atau pun besar.

Selain hal di atas juga perlu untuk kita tahu bersama, bahwa pengusaha sama artinya dengan wirausahawan. Hanya saja, mungkin beberapa orang mengatakan bahwasannya keduanya berbeda, contohnya saja jika pengusaha punya sebuah perusahaan yang berskala luas, sementara itu wirausahawan adalah seseorang yang memiliki usaha berskala kecil. Namun pada kenyataannya keduanya sama.

Berikut ada satu contoh perusahaan yang termasuk dalam perusahaan berskala besar, yakni Royal Golden Eagle yang dimiliki oleh Sukanto Tanoto. Royal Golden Eagle (RGE) tersebut merupakan sebuah perusahaan global yang bergerak dalam bidang sektor pengelolaan sumber daya alam. Nama Sukanto Tanoto sendiri memang sudah cukup terkenal sekali di dunia bisnis. Sebagai pendiri sekaligus pemimpin grup bisnis Royal Golden Eagle tersebut, Sukanto Tanoto merupakan salah satu pengusaha tersukses di Indonesia dan bisa dijadikan inspirasi bagi pengusaha – pengusaha saat ini.

Tak hanya jadi pengusaha sukses, Sukanto Tanoto juga jadi visioner dan juga pioner berbakat dan handal untuk beberapa industri yang ada di Indonesia. Sukanto Tanoto memulai usaha pertamanya tersebut dengan industri pengelolahan kayu. Prestasi – prestasi yang berhasil didapatkannya pun memang tak perlu diragukan lagi. Sukanto Tanoto memiliki beberapa anak perusahaan yang sudah dikelolahnya sendiri. Dengan memiliki keyakinan dan kepercayaan yang tinggi, Sukanto Tanoto percaya seperti tiga faktor penentu jadi pengusaha yang sukses diantaranya, pengusaha harus memiliki kegigihan, bisa berinovasi, dan terus bersemangat untuk belajar.

APRIL Group merupakan salah satu anak perusahaan yang dinaungi oleh Royal Golden Eagle (RGE). Mereka memiliki tujuannya masing – masing, yakni untuk membangun HTI atau Hutan Tanaman Industri yang berkelanjutan. Hal tersebut bertujuan agar bisa memberikan pasokan kayu untuk industrinya, sediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat luas, dan kesejahteraan ekonomi pula pastinya.

Selain hal tersebut, perusahaan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto ini juga meluncurkan sebuah program pengembangan usaha kecil dan juga menengah, tujuannya adalah untuk bisa membantu para pengusaha dalam hal bantuan dari segi teknis hingga finansial. Yang mana dalam hal ini, program tersebut juga menargetkan pada bisnis, baik itu yang secara langsung dukung atau pun tidak dukung operasional APRIL Group. Mereka bahkan juga turut membantu hingga 189 pengusaha kecil yang ada di berbagai daerah. Mereka bisa ciptakan sekitar 1.600 lapangan pekerjaan bagi mereka yang ingin bekerja.

Contohnya saja dengan memberikan beberapa pelatihan keterampilan khusus seperti memasak, menjahit, salon, pengelolaan, dan produksi mandi, pemotongan kayu, dan otomotif. Dari hal ini Sukanto Tanoto pastinya akan selalu dukung upaya dalam  melahirkan wirausahawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.