Finasel – Anak merupakan titipan yang perlu dijaga sebaik-baiknya. Bila Anda menginginkan si anak tubuh cerdas dan berpemikiran luas, maka terapkan pola asuh anak yang baik secara disiplin. Soalnya setiap pembentukan itu memerlukan waktu yang tidak sebentar. Untuk lebih lengkapnya, inilah tips-tips yang perlu Anda lakukan mulai dari sekarang sebelum terlambat.

Jadikan Diri Sendiri sebagai Role-Model

Jangan dikira kalau anak yang baru berusia “sedikit” tahun itu tidak lebih cerdas dari mereka yang sudah dewasa. Justru, anak yang berusia 0 tahun hingga menginjak usia remaja, ia lagi cerdas-cerdasnya. Setiap hari ia akan memperhatikan segala hal dari Anda. Oleh karena itu, mulai sekarang patut disadari hal ini sebelum terlambat.

Singkatnya, “Anda adalah role-model untuk si anak dan ini sudah menjadi kepastian yang tidak bisa diganggu-gugat”. Abaikan mereka yang lebih suka main-main dengan pekerjaan daripada mendidik anak dengan baik. Di sinilah Anda sekarang. Lakukan hal-hal kreatif, baru, dan menarik untuk si anak. Terapkan pula proses penanaman budi pekerti yang baik.

Sering-Sering Bertanya pada Anak

Kebiasaan ini akan membentuk pola yang bagus untuk tumbuh-kembang pemikirannya. Bagaimana pun, dia juga memerlukan tempat untuk curahan hatinya. Dalam hal ini, kepekaan Anda sebagai orang tua mesti dilatih setiap hari. Minimal bisa memahami bahasa tubuh si anak. Biar ketika dia memiliki masalah, Anda jadi orang pertama yang memberi solusi.

Pertanyaan yang dilontarkan padanya bukan sekadar “sudah makan belum” dan sebagainya. Tapi ke bentuk yang lebih kritis. Misalnya, “Bagaimana pendapatmu tentang makanan ini, buku ini?” Secara otomatis, Anda akan membantu dia untuk terus melatih cara-cara menyimpulkan serta menyampaikan sesuatu dengan baik. Ini sangat penting.

Terapkan Pola Makan yang Baik agar Kecerdasannya Maksimal

Anak yang cerdas itu juga dipengaruhi oleh asupan gizi yang masuk ke tubuhnya. Terutama ketika dia tengah memasuki periode emas. Jadi, konsumsi seperti makanan berprotein tinggi seperti ikan harus selalu disediakan. Soalnya masa-masa seperti itu hanya datang satu kali saja seumur hidup. Pola makan yang baik akan mendukung pola asuh anak yang baik.

Brain food seperti sejenis ikan, biji-bijian, dan sayuran itu sangat bagus untuk menumbuhkan proses berpikirnya. Selain itu, konsentrasinya juga bisa lebih tinggi dan mentalnya jadi lebih waspada daripada sebelumnya. Lakukan pola makan seperti ini secara disiplin. Kedua orang tua wajib saling berkompromi dan mengingatkan demi anak.

Mulai Gali Potensi Anak dengan Cara-Cara yang Menyenangkan

Periode anak-anak itu merupakan periode “menemukan sesuatu”. Sebetulnya begitu. Tapi, sayangnya lebih banyak anak yang justru hendak menemukan sesuatu dalam dirinya ketika menginjak usia dewasa. “Sesuatu” yang dimaksud adalah minat atau hal yang paling ia kejar dan memiliki korelasi dengan pekerjaan di dunia nyata.

Mungkin belum terlalu kelihatan, tapi dengan bekal pengetahuan yang luas, pasti Anda akan lebih memahaminya. Misalnya si anak itu suka bercerita kepada orang lain tentang apa pun yang baru saja ditemuinya. Biasanya anak seperti ini lebih semangat jika diberi bacaan imajinatif seperti dongeng. Ketika dewasa, banyak kok pekerjaan yang butuh imajinasi tinggi.

Tanamkan Kebiasaan yang Baik pada Anak

Meskipun anak Anda belum bisa membaca, tetap lakukan hal ini. Salah satu cara paling favorit adalah dengan menempelkan kalimat-kalimat pengembang jiwa di titik rumah yang mudah dibaca. Misalnya di atas pintu, di tembok atas televisi, tembok kamar, dan lain-lain. Kalimat yang diulang akan membentuk persepsi yang nantinya bisa jadi kebiasaan.

Ada sedikit koreksi di poin keempat, yakni pemberian buku bacaan pada anak-anak. Salah satu pola asuh anak yang baik ini sudah dikembangkan secara kontinyu oleh warga negara maju. Entah anak suka atau tidak, dengan bacaan imajinatif rupanya mampu merangsang minat terbesar si kecil. Soalnya di dalam bacaan tersebut tercermin berbagai karakter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A97DC84CEEBB