Finasel – Salah satu yang menjadi impian adalah memiliki rumah. Di mana nanti ketika tua, Anda dapat tidur dengan nyenyak tanpa memikirkan uang sewa rumah. Setiap hari Anda usahakan untuk menyisihkan uang agar bisa membeli rumah. Saat membeli rumah ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan agar rumah yang dibeli bisa menjadi milik Anda tanpa ada permasalahan.

Hasil gambar untuk membeli rumah

1. Perhatikan dengan Teliti Kelengkapan Surat-suratnya

Anda harus menjadi pembeli yag cerdas. Jangan mudah tergiur dengan kemurahan harga jual rumah yang ditawarkan. Jangan sampai Anda tertipu karena tidak teliti dalam proses pembelian. Untuk itu Anda perlu memperhatikan kelengkapan surat-surat dari rumah tersebut.

Adapaun surat-surat yang perlu Anda periksa adalah surat kepemilikan tanah yang terdiri dari tiga jenis yaitu sertifikat hak milik, sertifikat hak guna bangunan, dan sertifikat hak pakai. Usahakan Anda membeli rumah yang memiliki sertifikat hak milik karena ini sertifikat kepemilikkan tertinggi dalam kekuatan hukum dan tidak dapat kedaluwarsa.

Sertifikat hak milik ini lah yang akan menghindari Anda dari permasalahan sengketa. Di dalam sertifikat hak milik tersebut, Anda harus teliti melihat dengan detail data dari rumah yang akan dibeli, pastikan yang tertulis dan kenyataannya sama.

Perhatikan juga nama penjual dengan nama yang ada pada sertifikat adalah sama. Jika berbeda maka Anda harus meminta yang bersangkutan memberikan hak kuasa dari nama yang tertera di sertifikat. Hal ini untuk menghindari permasalahan di kemudian hari seperti sengketa tanah.

2. Pastikan Anda Memeriksa Instalasi Listrik dengan Teliti

Listrik merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi di dalam rumah. Sebab listrik adalah pendukung utama pada aktivitas yang akan Anda jalani. Maka yang perlu Anda lakukan ialah memeriksa semua saklar dak steker yang ada pada rumah, pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Jika Ada yang rusak, Anda bisa langsung meminta untuk diperbaiki.

Kemudian periksa juga daya yang tersedia apakah sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Anda atau belum. Jadi jika tidak cukup Anda bisa melakukan penyesuaian terlebih dahulu dengan penyediaan daya pada rumah tersebut sebelum Anda membeli rumahnya.

3. Periksa dan Tanyakan tentang Kesediaan Air di Rumah Tersebut

Air merupakan sumber kehidupan yang tak lagi bisa dipungkiri karena semua kebutuhan sehari-hari Anda pasti memerlukan air. Ketika Anda ingin membeli sebuah rumah lihat lah bagaimana kondisi airnya, seperti melihat warna airnya, tanyakan sumber airnya, dan periksa kapasitas kesediaan air dengan melihat tekanan air pada kloset. Jika besar berarti tidak ada masalah.

Untuk sumber air yang tidak berasal dari sumur, maka Anda perlu melihat kondisi bak penampungnya apakah sudah ada dan dalam kondisi baik atau tidak. Sebab hal ini tentu akan menjadi pengeluaran tambahan jika ternyata tidak lagi layak dipakai. Jika berasal dari sumur, pastikan kondisi sumurnya tidak berada di luar rumah agar kondisi air dapat terjaga.

Ketelitian dan kecermatan Anda saat melakukan transaksi pembelian rumah merupakan hal yang sangat penting. Sebab membeli rumah tanpa memperhatikan tiga hal di atas akan menimbulkan resiko yang mengganggu ketenangan Anda di kemudian hari. Jadilah pembeli yang cerdas untuk mendapatkan rumah yang pas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A97DC84CEEBB