Finasel – Makanan Pendamping ASI atau MPASI 6 bulan kerap kali diberikan pada bayi untuk menambah nutrisinya. Bayi yang memasuki usia 6 bulan sudah bisa mencerna makanan dengan baik. Asalkan si bayi sudah mata, tangan, dan mulut sudah bekerja dengan baik. Begitu pula untuk bayi yang sudah bisa duduk. Berikut ini jadwal yang perlu Anda lakukan.

Makan pada Pukul 6 Pagi

Pada pukul 6 pagi merupakan waktu terbaik untuk makan bagi si kecil. Udara masih segar-segarnya. Otak yang baru bangun tidur akan langsung menghirup oksigen dengan leluasa. Kemudian menyebar mulai dari hidung hingga ke seluruh bagian tubuh, termasuk bagian otaknya. Oleh karena itu, makanan yang paling tepat di jam 6 ini adalah ASI penuh.

Jangan gunakan makanan pendamping dulu di jam 6 pagi. Soalnya si kecil betul-betul membutuhkan nutrisi yang langsung dari ibundanya. Momen tersebut juga akan membuatnya tercukupi kebutuhan soal kasih-sayang. Ketika dia sudah dirasa kenyang, maka ajaklah jalan-jalan untuk menghirup udara segar lebih leluasa.

Makan pada Jam 9 Pagi

Jadwal berikutnya jangan sampai ketinggalan. Kalau perlu, pasang alarm di perangkat Anda jika sering bawa. Makanan yang paling cocok di jam 9 pagi adalah jus buah. Kemudian ditambah dengan bubur 2-3 sendok makan untuk MPASI yang pertama baginya. Secara perlahan, tingkatkan jatahnya hingga ½ gelas setiap kali makan.

Makan pada Jam 12 Siang

Pada jam 12 siang, si bayi kembali membutuhkan asupan gizi maksimal dari ASI dari Anda. Soalnya momen ini kerapkali membuat tubuhnya lelah setelah aktif seharian. MPASI 6 bulan ini harap dilakukan setiap hari selama periode menyusui. Pemberian ASI di jam 12 sama seperti jam 6 pagi, yaitu usahakan sampai dia kenyang. Baru berhenti.

Makan pada Jam 3 Sore

Biasanya, si bayi akan tertidur pulas setelah minum ASI di jam 12 siang. Tapi beberapa ada pula yang tetap bangun. Bila perlu, ajak dia jalan-jalan sambil makan bubur sebanyak 2-3 sendok makan. Tapi kalau sudah terbiasa, tambahkan saja kuantitas buburnya per ½ gelas seukuran 250 ml tiap kali diberikan bubur kembali.

Dampingi pemberian bubur dengan berbagai jus buah. Hindari penggunaan gula secara berlebihan ketika membuat jus. Bila perlu, jangan pakai gula, cukup percayakan kandungan gula yang ada pada buah itu sendiri sebagai sumber energi alami. Pilih buah yang ramah di perut, sebab kondisi pencernaannya masih cukup lemah. Jadi perlu dilatih lebih banyak lagi.

Makan pada Jam 6 Sore

Jika sampai jam 6 sore belum juga merasa lapar, mungkin ada yang salah dengan pencernaannya. Jadi, lebih baik periksakan ke dokter atau bidan yang selama ini menangani bayi Anda. Soalnya jam makan ini sangat penting. Bila baik-baik saja, berikan ASI penuh hingga dia merasa kenyang. Biasanya akan tertidur pulas dan bangun kembali di jam 9.

Makan pada Jam 9 Malam

Bayi yang berumur 6 bulan itu biasanya suka sekali tidur. Wajar kalau setelah dikasih makan lantas tertidur. Nah, pada jam 9 malam, Anda berikan kembali ASI secara penuh jelang persiapan tidur kembali. Kalau tiba-tiba tengah malam bangun, berikan kembali ASI padanya. Hal itu akan lebih menenangkan ketimbang memberikan sebotol susu sapi.

Kira-kira begitulah jadwal pemberian MPASI 6 bulan pada si bayi. Lakukan secara teratur hingga menapaki usia berikutnya. Bayi yang menangis itu wajar. Kerapkali orang tua yang baru memiliki bayi akan gelisah tiap kali bayinya menangis keras-keras. Andaikata dia sudah bicara, tentu bakal ngomong macam-macam. Hanya dengan itu cara dia berekspresi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A97DC84CEEBB