Finasel – Masa kehamilan salah satu masa ibu hamil memerlukan makanan yang cukup dan gizi seimbang. Upaya untuk mencapai keadaan tersebut yaitu mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat untuk ibu hamil. Anda juga tidak boleh lupa selain banyak mengkonsumsi makanan sehat, juga tetap menjaga berat badan agar ideal. Berikut makanan sehat agar berat badan Anda ideal.

1. Brokoli

Sayuran sehat berwana hijau ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Makanan yang mengandung banyak zat besi ini berperan sebagai pembentuk sel darah merah pada bayi. Zat ini juga berperan agar ibu hamil tidak mengalami anemia. Serat alami yang terkandung dalam brokoli juga bisa menjaga pencernaan Anda tetap sehat juga untuk calon bayi Anda.

2. Jeruk

Jenis buah yang banyak mengandung vitamin C ini sangat pas untuk dikonsumsi sehari-hari. Asam folat yang ada pada jeruk dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat. Anda bisa mengkonsumsi jeruk dengan cara memakan langung atau dibuat jus jeruk. Vitamin C juga bisa menjaga tekanan darah tetap stabil dan menghindari risiko tekanan darah tinggi.

3. Asparagus

Asparagus yaitu sayuran yang berbentuk batang panjang. Jenisnya ada yang berwarna hijau dan putih. Sayur ini banyak mengandung vitamin D yang berperan mengatur kadar kalsium dan fosfor dalam darah. Kalsium dan fosfor berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Usus pada tubuh menjadi maksimal menyerap kalsium yang membangun gigi dan tulang kuat.

4. Kacang-kacangan

Konsumsi jenis protein ini lebih baik dikonsumsi tanpa digoreng atau tambahan zat lain. Kandungan protein dalam kacang-kacangan bisa menjadi alternatif makanan sehat untuk ibu hamil. Kacang yang tidak dimasak lebih lanjut menghindari tingginya kalori dan lemak. Berat badan Anda tetap terjaga namun protein untuk tubuh tetap terpenuhi. Nikmat bukan?

5. Bayam

Sumber asam folat yang lain terdapat pada sayuran bayam. Sejak ibu ditentukan hamil, asam folat diperlukan untuk pembentukan tabung saraf bayi pada 3 bulan pertama masa kehamilan. Anda bisa mengkonsumsi bayam dengan membuat salad atau dicampur dengan telur orak-arik. Sajian makanan yang baik tentu tidak banyak merubah struktur bahan awal itu sendiri.

Sebaiknya saat Anda memasak bayam jangan sampai dihangatkan kembali untuk esok hari karena bisa merusak kandungan gizinya. Masak dan makan hingga habis pada satu hari agar gizi yang didapat maksimal.

6. Telur

Sumber protein yang mudah didapat ini menjadi salah satu menu pada makanan Anda. Vitamin D sangat berperan untuk memperkuat tulang bayi dan menjaga kepadatan tulang ibu hamil. Jangan lupa untuk memasak telur dengan matang agar mencegah bakteri salmonella berkembang. Makanan yang matang juga meningkatkan rasa aman saat Anda menyantapnya.

7. Susu

Penutup sumber makanan sehat untuk ibu hamil bisa Anda lengkapi dengan susu. Susu ibu hami tentunya sudah dibuat dengan kandungan protein yang mudah dicerna oleh tubuh. Anda bisa mengkonsumsinya secara teratur mulai dari masa awal kehamilan. Gizi yang optimal sejak awal kehamilan bisa mendukung perkembangan bayi agar lahir dengan sehat dan normal.

Jaga pola hidup sehat ibu hamil dan bayi dengan mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil. Makanan sehat tidak harus mahal. Anda bisa membuatnya sendiri agar kebersihan dan kesehatannya tetap terjaga. Dukungan suami selama proses kehamilan juga berperan penting dalam melahirkan bayi yang sehat dan normal. Tetap sehat dan jaga kondisi tubuh ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A97DC84CEEBB