Finasel – Danau Galilea memiliki banyak nama lain, seperti Danau Kineret, Danau Genesaret, Danau Kinerot, dan Danau Tiberias. Lokasinya berada di dekat Dataran Tinggi Golan. Danau Galilea memiliki beberapa fakta yang menarik untuk diketahui, penasaran? Berikut ulasannya untuk Anda.

Danau Air Tawar Terendah Di Dunia

Danau Galilea merupakan danau air tawar yang terbesar di Israel. Luasnya mencapai 166 km2, sedangkan kedalamannya 43 m. Letaknya berada pada 211.315 meter di bawah permukaan laut. Letak tersebut menjadikan danau ini sebagai danau air tawar terendah di dunia dan terendah kedua setelah Laut Mati (Laut Mati merupakan danau air asin).

Air yang mengalir di danau ini sebagian berasal dari mata air di bawah tanah. Namun sumber utama adalah sungai Yordan yang mengalir dari utara ke selatan.

Memiliki Arti Bagi Tiga Agama

Danau Galilea sendiri memiliki arti bagi tiga agama samawi, yakni Nasrani, Yahudi, dan Islam.

Nasrani

Menurut keyakinan umat Nasrani, sebagian besar pekerjaan Yesus terjadi di pantai Danau Galilea. Hal ini disebutkan dalam kitab-kitab Injil, seperti dalam Markus 1:14-20, Matius 4:18-22, dan Lukas 5:1-11. Salah satu mujizat Yesus yang terkenal terkait tempat ini adalah ketika Yesus berjalan di atas air.

Yahudi

Pada 135 M, umat Yahudi dilarang memasuki Yerusalem. Atau tepatnya adalah ketika pemberontakan Bar Kokhba melawan Romawi digagalkan. Pusat budaya dan pendidikan agama Yahudi kemudian pindah ke Kineret, terutama di Tiberias. Di tempat ini diyakini sebagai tempat penyuntingan kitab Talmud Yerusalem.

Islam

Dalam Islam sendiri, danau ini dikaitkan dengan pertanda akhir zaman. Menurut hadist, danau ini akan habis airnya diminum oleh suku Ya’juj dan Ma’juj. Ketika danau ini mengering, maka itulah salah satu tanda akhir zaman tiba dan kemunculan Dajjal.

Mengalami Kekeringan yang Mengkhawatirkan

Beberapa tahun terakhir, Danau Galilea mengalami penurunan debit air secara drastis. Dipercaya bahwa efek dari perubahan iklim menjadi sebab kekeringan Danau Galilea. Menurut beberapa media, kekeringan ini yang paling parah selama 100 tahun bahkan disebut sudah mengkhawatirkan. Kekeringan yang melanda Danau Galilea ini akan mengancam pasokan air bersih untuk warga di Israel Utara.

Sebenarnya hal ini sudah diprediksi oleh beberapa ilmuwan dan juga pemerintah. Tetapi rupanya keringnya danau tersebut terjadi lebih cepat dari prediksi. Bukan hanya Israel saja yang akan terkena dampak kekeringan ini, negara tetangga seperti Suriah, Lebanon, dan Yordania juga bisa terkena dampaknya.

Tidak hanya disebabkan perubahan iklim global, tetapi minimnya curah hujan yang hanya mencapai 65 persen dalam lima tahun belakangan diduga menjadi pendukung keringnya Danau Galilea ini.

Itu dia 3 fakta unik terkait dengan Danau Galilea yang berada di Israel. Jika Anda ingin mengadakan tour ke Danau Galilea, Anda dapat menghubungi insighttour.id/ untuk perjalanan wisata religi yang lebih mengesankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A97DC84CEEBB