Finasel – Masa kehamilan merupakan masa yang harus diwaspadai bagi ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan banyak gizi yang baik untuk calon bayinya. Makanan sehat dan tinggi gizi perlu dikonsumsi secara rutin. Ibu hamil dan suami juga perlu mengatur pola hidup serta pantangan ┬áibu hamil yang wajib dihindari. Berikut beberapa jenis pantangan bagi ibu yang sedang hamil.

1. Merokok

Hal yang sangat dihindari oleh ibu hamil adalah merokok. Pemerintah juga telah memberikan himbauan untuk menjauh merokok baik orang yang sehat maupun ibu hamil. Tidak hanya merokok, menghisap asap rokok sebaiknya perlu dihindari. Peran penting suami di sini yaitu tidak memiliki kebiasaan merokok agar ibu hamil tidak menjadi perokok pasif.

2. Seafood Mentah

Seafood banyak disajikan oleh restoran dalam keadaan mentah. Jenis makanan yang tidak dimasak berpotensi menjadi sumber bakteri. Bakteri listeria salah satu jenis yang bisa masuk ke tubuh ibu hamil dari seafood mentah. Efek yang ditimbulkan bisa menyebabkan keguguran bayi. Anda sebaiknya hindari makanan berbahan dasar seafood mentah saat mengandung.

3. Hati Sapi atau Ayam

Hati merupakan salah satu organ yang berfungsi sebagai penyerap racun pada tubuh. Fungsi tersebut juga sama pada hewan sapi dan ayam. Semakin buruk yang dimakan oleh sapi dan ayam, semakin tinggi kandungan racun pada hatinya. Menurut penjelasan dokter juga mengatakan jeroan hati mengandung retinol yang berisiko menyebabkan cacat pada janin.

4. Makanan Tinggi Gula

Setiap makanan yang ibu hamil makan juga akan masuk ke tubuh janin melalui plasenta. Gula yang tinggi pada makanan juga berisiko menyebabkan kadar gula darah tinggi. Keadaan ini yang menyebabkan seorang ibu hamil bisa terkena diabetes gestasional. Diabetes jenis ini yang terjadi selama kehamilan. Hal ini tentunya tidak ingin dialami oleh ibu hamil dan calon bayinya.

5. Telur Mentah atau Setengah Matang

Telur salah satu sumber protein yang baik untuk ibu hamil. Telur bisa dikonsumsi secara teratur dengan syarat dimasak matang. Hindari memasak telur untuk ibu hamil karena memungkinkan tumbuhnya bakteri salmonella yang biasa ada pada telur. Masak telur dengan matang agar Anda tetap aman mengkonsumsinya tanpa harus takut terkena bakteri salmonella. Nikmat bukan?

6. Daging Sapi dan Unggas yang Kurang Matang

Daging sapi dan unggas salah satu bahan makanan yang membantu memenuhi kebutuhan ibu hamil selama masa kehamilan. Protein, zat besi hingga omega-3 banyak terkandung pada daging sapi dan unggas. Pantangan ibu hamil yaitu mengkonsumsi daging yang kurang matang atau mentah. Bakteri bisa saja mencemari makanan Anda dan masuk kedalam tubuh bayi Anda.

7. Ikan Bermerkuri Tinggi

Seperti yang kita ketahui laut saat ini sudah tercemar oleh limbah merkuri. Bisa dipastikan hewan yang ada didalamnya tercemar oleh jenis bahan kimia ini. Salah satu ikan yang memiliki kandungan merkuri tinggi terdapat di ikan makarel dan tuna. Sebaiknya Anda menghindari konsumsi ikan tersebut saat hamil. Anda bisa beralih ke ikan kakap, sarden atau cakalang.

Pastikan beberapa pantangan ibu hamil tersebut bisa Anda terapkan selama masa kehamilan. Peran penting suami dalam memberi dukungan untuk saling menjaga kesehatan ibu dan bayi sangat diperlukan. Semua hal tersebut dilakukan agar bayi yang dilahirkan sehat dan normal. Segera konsultasikan ke dokter apabila ada yang tidak normal pada diri Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

IBX5A97DC84CEEBB